Banyak cara memperbesar pengapian motor dari menambah lilitan spul pengapian, penggantian CDI racing dan penggantian koil. Namun yang akan kita bahas sekarang adalah upgrade peforma motor kesayangan dengan biaya murah. Loh kok bisa murah ya...iya karena masih menggunakan koil bawaan motor yang dimodifikasi, modifikasi ini namanya ground strap. Ground strap berfungsi sebagai penangkap frekuensi liar akibat voltase tinggi yang melalui kabel busi. Selain itu, arus listrik yang mengalir dapat menjadi lebih lancar dan membuat api busi fokus dan berwarna biru. Akibatnya, akselerasi motor dapat lebih terasa karena pengapian menjadi lebih baik meskipun suhu mesin meningkat sedikit.
Bahan yang dibutuhkan untuk memperbesar pengapian motor adalah;
- Beli kabel kawat atau tembaga gulungan di toko komponen elektronik jangan diwarung sayur mayur ya hehehe...untuk ukurannya diambil jangan yg terlalu besar kira kira seukuran kawat tembaga kabel tv. Untuk panjangnya 4 meter sudah cukup kira2 beratnya 1/2 ons.
- Kabel bakar
- Skun ring (1 buah), karena saya lupa membeli skun ring maka kawatnya dibuat seperti gambar dibawah.
- Isolasi hitam.
- Koil standart motor.
- Lepas koil dari body motor.
- Gulungkan tembaga mulai dari pangkal kabel koil atau bisa juga dari ujung kabel koil yang dari cop busi sampai ke pangkal koil. Semakin rapat gulungan semakin bagus.
- Bungkus kabel koil yang sudah dililit tembaga dengan kabel bakar lalu bakar pakai korek api sampai kabel bakarnya menyusut dan membungkus kabel koil dengan sempurna. Jangan lupa tembaga yang dihubungkan dengan skun ring juga perlu dibungkus ya.
- Jika masih ada tembaga yang terlihat/tidak tertutup, maka tutuplah dengan isolasi hitam. Hal ini berguna untuk melindungi tembaga saat terjadi masalah/kebocoran pada koil, sehingga tak sampai menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.
- Pasangkan kembali koil ke body motor dan bautkan skun ring tadi bada baut pengikat koil pada body yang berhubungan dengan kabel negative koil
Gambar dan kutipan dibawah ini adalah hasil pengujian yang telah dilakukan oleh motorplus online.
Alat pengetesan yang digunakan, bukan
mengeluarkan hasil berupa angka. Tapi, percikan api oleh busi yang
dikomando koil.
- Pengetesan pertama pakai koil yang tidak dililit ground strap. Api yang dipercikan busi, terlihat berwarna kemerahan. Selain itu, api yang keluar juga terlihat besar kecil alias tak stabil. Ini, bikin tambah penasaran dengan api busi yang ditampilkan kabel koil yang dililit ground strap.
Puas memperhatikan percikan api yang
keluar dari koil standar, pengetasan dilanjutkan dengan koil yang sama
namun dililit ground strap.
- Ternyata, api yang keluar terlihat sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kondisi api yang dikeluarkan koil standar. Api koil yang dipasangkan ground strap juga tampak konstan. Jarang terlihat ada lonjakan api yang membesar atau mengecil seperti yang terjadi di koil standar.
Pemasangan ground strap memang membuat
api yang dikeluarkan koil bisa sedikit lebih besar. Selain itu, api dari
koil bisa jauh lebih stabil. Memang tidak sebesar koil aftermarket yang
include ground strap peningkatannya. Selamat mencoba....
makasih infonya gan..
ReplyDeletesama-sama
ReplyDeleteItu satu kabe nyatu sama masa koil
ReplyDeleteTrus yg satunya yg ke arah busi di sambungin ke mana om
yang kearah busi dibiarkan saja om...
ReplyDeleteBang kalo mau nambahin tegangan. Lilitan spulnya di tbah apa.di kurangi?
Deleteditambahin...
DeleteJarak kabel yank ke arah busi kira" dii kasih berapa cm bos
ReplyDeletedikira kira aja om...penting tutup busi masih bisa masuk kekabel karena kalo terlalu dekat kabel bisa konslet...
Delete