Motivasi Menulis

Ciri Ciri Kucing Persia


Ada baiknya kalau kita ingin membeli kucing terutama kucing persia mengetahui terlebih dahulu ciri ciri kucing persia agar tidak salah beli. Membedakan kucing persia dengan kucing lain sangatlah mudah. Ciri ciri kucing persia terlihat pada bulu, bentuk kepala,dan wajah, hidung sosok tubuh serta karakternya. Kucing persia memiliki bulu yang panjang, kepala besar dan bundar dengan wajah relative lebih lebar,berhidung pesek serta berbadan gemuk pendek.  Nah lebih lanjut akan kita bahas satu persatu ciri ciri kucing Persia:
Bulu
Kucing persia termasuk kucing tipe longhair atau kucing berbulu panjang. Bulu yang panjang inilah salah satu ciri khas kucing Persia yang membedakannya dengan kucing jenis yang lain. Tekstur bulu kucing persia halus dan lembut menyerupai sutra, berkilau, serta seolah olah terlihat mengembang atau berdiri menutupi tubuh.
Panjang bulu kucing Persia antara 5-15 cm. Bulu-bulu yang panjang hamper menutupi seluruh bagian tubuhnya kecuali bagian wajahnya. Bulu-bulu dikepala menyerupai mahkota.


Mata
Kucing persia memiliki sepasang mata yang bulat dan besar,terbuka lebar, berwarna cerah (brilian) dan tajam. Jarak antar mata relative berjauhan. Umumnya, warna bola mata kucing persia sesuai dengan warna bulu. Warna mata hijau biasanya terdapat pada kucing berbulu chinchilia,perak dan keemasan. Warna emas dan tembaga berlaku untuk semua warna kucing persia. Sementara itu, warna mata biru terdapat pada kucing colorpoint dan kedua mata yang berbeda warna (odd eyed atau heterocromatic) terdapat pada kucing Persia berbulu putih.

Hidung
Kucing persia berhidung pesek dan pesek, berukuran kecil melebar dan mendongak keatas. Dibagian pangkal hidung (diantara kedua mata) tampak ada belahan.

Telinga
Telinga kucing persia biasanya berukuran kecil dengan ujung membulat. Jarak antar telinga relative jauh. Pangkal telinga tidak terlalu terbuka,sedangkan ujungnya melengkung dan menghadap kebawah.

Kepala
Kucing persia memiliki kepala yang berukuran relative besar atau massif (padat) dan melingkar atau melengkung menyerupai kubah. Struktur tulang wajah atau tengkorak besar,kokoh dan melingkar. Dahi berbentuk bulat dan tulang pipi menonjol atau tinggi. Sementara itu dagunya bulat,kuat, dan tidak terlalu rendah. Rahangnya besar dan kuat yang ditopang oleh leher yang kuat,pendek dan tebal.

Kaki
Kaki kucing persia pendek,tebal atau gemuk,bulat tegap serta kuat sehingga pijakannya bagus dan kuat. Kaki depan lurus dengan telapak datar dan besar. Tulang kaki rlatif kuat dengan otot-otot yang bagus. Diantara jari-jari kaki terdapat bulu-bulu panjang.

Ekor
Kucing persia memiliki ekor yang pendek, tebal dan lurus. Ekor yang proporsional atau ideal adalah jika dilipat kedepan dari pangkalnya, ujungnya akan tepat ditengah-tengah perutnya (setengah badan). Disamping itu pangakl ekor tidak kaku dan membentuk sudut yang lebih rendah daripda punggungnya.

Badan atau body
kucing persia umumnya memiliki bentuk tubuh bulat,pendek dan menggumpalserta berukuran sedang hingga besar. Kucing ini sering disebut dengan kucing tipe cobby yaitu berkaki pendek dan besar,pundak lebar dan kepala melingkar. Dada kucing persia lebar dan dalam. Punggung rata dan lebar dengan tulang yang pendek dan besar. Bahu dan pinggul lebarnya sama. Perutberukuran kecil serta otot-ototnya keras dan berkembang dengan baik.

Semoga dengan adanya artikel ini bermannfaat bagi yang ingin memiliki atau mau membeli kucing persia atau bagi pembaca setia blog anco.
Labels: dunia hewan

Thanks for reading Ciri Ciri Kucing Persia. Please share...!

3 comments on Ciri Ciri Kucing Persia

  1. Gambar terakhir sama sekali bukan Persia karena Exocitc sudah jauh keluar dari kategori Persia

    ReplyDelete
  2. sesama blog kucing

    ditunggu kunjungannya

    Kunucats

    ReplyDelete

Back To Top