Motivasi Menulis

Cara Merawat Karpet

Bagaimana cara merawat karpet yang telah kita beli dan digunakan dirumah karena karpet juga sebagai perabot pemercantik rumah.

Tips Membersihkan Karpet

Sebagai alas, karpet rentan terhadap sumber penyakit. Selain itu, jika perawatannya kurang maksima, tampilannya pun tidak cantik lagi. Bagaimana merawat karpet agar terlihat tetap cantik, bersih, sehat dan tidak cepat rusak?

Sedot debu pada karpet menggunakan vacuum cleaner minimal tiga kali seminggu atau anda juga bisa menaburkan soda kue secukupnya ke permukaan karpet sebelumnya. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, sedot dengan vacuum cleaner.
Cuci bersih karpet dengan sabun khusus setidaknya enam bulan sekali
Ubah posisi karpet 2-3 bulan sekali sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi
Jika tidak sempat membersihkannya sendiri, jangan sungkan untuk menggunakan jasa pencucian karpet 


Membersihkan Karpet yang Terkena Noda

Basahi lap kering dengan alkohol. Tekan lap secara perlahan pada karpet yang terkena es krim, tetapi jangan sampai alkohol menembus bagian belakang karpet yang terbuat dari karet. Selanjutnya, tuangkan campuran larutan sabun cuci dengan air bersih sedikit demi sedikit ke bagian yang terkena noda es krim sambil ditekan dengan lap. Ulangi beberapa kali pemberian larutan sabun cuci, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Keringkan karpet dengan kain kering.

Noda Softdrink

Aduh! Minuman bersoda menumpahi karpet Anda? Cepat bersihkan, atau karpet Anda akan ternoda secara permanen.

Lap cairan bekas soda, kemudian semprotkan larutan campuran satu sendok makan ammonia dan 150cc air, tetapi pastikan semprotannya tak tembus ke bagian bawah karpet. Gosok memutar noda perlahan dengan larutan sabun cuci piring (1/2 sdm sabun cuci piring cair ke dalam satu liter air). Bilas dengan air dan keringkan dengan lap kering.

Noda Lilin

Lelehan lilin yang jatuh di atas karpet sangat sulit dibersihkan. Letakkan selembar kertas di atas lelehan lilin yang mengeras, kemudian letakkan setrika di atas kertas dengan tingkat kepanasan sedang. Biarkan sebentar hingga lilin panas terserap kertas. Angkat kertas yang sudah terdapat lilin.

Terkena Ompol

Tidak menutup kemungkinan karpet Anda terkena ompol anak-anak (atau mungkin juga orang dewasa .. hehe). Bau pesing pasti menempel disitu. Caranya mudah. Gantungkan karpet di kedua sisi lebarnya (tidak menempel di tanah). Selanjutnya, siramkan air panas (boleh yang mendidih) pada bagian karpet yang terkena noda ompol. Tapi berhati-hatilah agar Anda tidak terkena cipratan air panas tersebut. Nah, bau pesing pun akan lenyap dengan seketika.

Warna Karpet Memudar

Bagaimana bila warna karpet Anda memudar? Taburi karpet dengan garam dapur sebanyak mungkin, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, sedot dengan vacuum cleaner. Cling! Karpet pun cemerlang kembali 
Labels: tips

Thanks for reading Cara Merawat Karpet. Please share...!

1 comments on Cara Merawat Karpet

Back To Top